My Instagram

PUBG Corp. Melarang Dengan Keras Adanya Turnamen Berbayar Tanpa Izin

Source : Steam

  Buat kalian gamers PC pastilah sudah tidak asing dengan game yang satu ini. Yup, game yang saat ini masih sangat populer bahkan sempat menjadi game online dengan jumlah player online terbanyak di dunia yaitu Playerunknown's Battlegrounds atau biasa disingkat PUBG. Game Battle Royale di mana kamu akan bermain dengan pemain lainnya dan harus bertahan hidup hingga menjadi orang yang terakhir hidup.

 Game ini sangat populer walaupun untuk memainkan game ini kamu harus membelinya dulu dengan harga ratusan ribu. Gameplay yang unik dan grafik yang sangat memukau membuat game ini sangat disukai banyak orang. Tidak heran jika banyak orang yang membeli game ini untuk mendapatkan hiburan dan sensasi yang menarik tentunya.


 Banyaknya orang yang memainkan game ini dan ramainya ranah game kompetitif (Esports) saat ini membuat PUBG mulai masuk ke dunia esports. Mulainya diadakan berbagai turnamen dari turnamen amatir sampai turnamen profesional, turnamen resmi PUBG dan turnamen yang diadakan oleh berbagai event/tournament organizer, juga turnamen gratis dan berbayar.

 Berbagai turnamen PUBG yang diadakan ini memperlihatkan bahwa game PUBG sangat ramai dan termasuk bagian dari esports. Namun beberapa waktu lalu PUBG Corp. mengumumkan sesuatu yang mungkin bisa dibilang kabar yang kurang baik.

 Diumumkan melalui postingan di offical fanpage facebook Playerunknown's Battlegrounds versi Indonesia, bahwa semua turnamen dengan biaya pendaftaran yang diadakan selain turnamen resmi tanpa izin resmi dari pihak PUBG adalah ilegal. 

 Setelah diumumkan beberapa lama kemudian hal ini menuai pro dan kontra. Karena selama ini banyak turnamen PUBG yang diadakan oleh berbagai event/tournament organizer yang tentunya memungut biaya pendaftaran (yang biasanya dikumpul untuk dijadikan uang hadiah). Hal ini jelas banyak ditentang oleh banyak orang.

 Namun kita mulai bertanya, mengapa pihak PUBG melakukan hal seperti ini? Bisa saja hal ini dilakukan untuk melakukan pencegahan agar tidak ada turnamen abal-abal yang diadakan dan dapat menjadi penipuan, seperti turnamen amatir yang diadakan oleh kelompok yang tidak jelas, memungut biaya pendaftaran namun hasilnya turnamen malah tidak berjalan dan uang pendaftaran yang sudah terkumpul dibawa lari oleh penyelenggara tersebut.

 Meskipun sekarang untuk mengadakan turnamen PUBG kita harus meminta izin terlebih dahulu setidaknya turnamen yang diadakan selain turnamen resmi tentunya akan menjadi lebih ramai karena sudah mendapat izin resmi dari pihak PUBG dan juga turnamen yang diadakan bakal dipublish ke fanpage official PUBG.

 Walaupun di dalam pengumuman hanya menyinggung turnamen berbayar, jika kamu berencana untuk mengadakan turnamen PUBG tanpa biaya pendaftaran baiknya minta izin ke pihak PUBG, kali aja turnamenya dipublish juga ke fanpage resmi jadi promosi gratis kan.

 Menurut kalian bagaimana dengan kebijakan yang diumumkan oleh pihak PUBG? Apakah hal tersebut berdampak positif atau negatif dalam perkembangan komunitas dan esports PUBG? Jelaskan pendapatmu di kolom komentar ya.



Tidak ada komentar