My Instagram

5 Game Facebook Yang Dulunya Populer, Bikin Nostalgia


Kalian sudah pasti tahu media sosial yang satu ini. Walaupun sekarang sudah mulai jarang digunakan oleh remaja masa kini tapi masih digunakan oleh banyak orang tanpa mengenal usia. Media sosial ini bernama Facebook.

Saat ini masih banyak yang menggunakan media sosial Facebook terutama di Indonesia. Penggunaan Facebook pun beragam, mulai dari mencari teman, mendapatkan dan membagikan informasi terbaru, mencari shitposting jodoh dan pastinya untuk bermain game. Yap, di Facebook kita juga dapat bermain game. Ada banyak game yang tersedia di Facebook dan dapat kita mainkan. 

Genrenya pun beragam, ada Action, Simulator, FPS, Racing dan lainnya. Ada game yang dapat dimainkan sendiri (single-player) dan juga game yang dapat dimainkan bersama orang lain (multiplayer). Saat ini sudah banyak game populer baru yang banyak dimainkan orang di Facebook. Ada juga beberapa game yang sudah menghilang di Facebook karena sepi peminat atau karena memang sudah waktunya. 

Ketika kita menggunakan Facebook mungkin kita pernah memainkan 1-2 game yang tersedia di media sosial satu ini. Nah kali ini penulis akan membahas beberapa game yang dulunya populer di Facebook. Ini dia 5 game Facebook yang dulunya populer versi 10GAMEID :

1. Restaurant City
sumber : justsomethingz

Restaurant City adalah game simulasi restoran yang dikembangkan oleh Playfish. Game ini dimulai dari kita menjadi pemilik sebuah restoran dan bertujuan untuk mengembangkan dan menjadikan restoran kita yang terbesar. Restaurant City dirilis pada tanggal 28 April 2009. Saat perilisannya game ini mulai populer dan dimainkan banyak orang hingga mencapai jutaan orang. 

Di game ini kita mengelola restoran mulai dari dekorasi, menu restoran, dan juga merekrut karyawan di restoran. Kita juga dapat mengunjungi restoran milik teman Facebook kita yang juga memainkan Restaurant City. Game ini ramai dimainkan karena gameplay yang menarik dan fitur yang juga tidak kalah menariknya sehingga Restaurant City menjadi salah satu game yang paling populer.

Sayangnya pada tahun 2012 game ini resmi ditutup setelah adanya pengumuman di fanpage Facebook resmi dari Restaurant City. Sekitar tahun 2017-2018 game Restaurant City sempat hadir kembali di Facebook dengan judul baru. Namun beberapa bulan kemudian Restaurant City yang baru kembali menghilang tanpa alasan yang jelas.

2. Farmbille
Sumber : Zynga

Farmville adalah game simulasi pertanian yang dikembangankan oleh Zynga. Di game ini kita menjadi seorang petani sekaligus peternak di mana kita memiliki lahan pertanian dan hewan ternak dan kita harus memeliharanya dan mengembangkan pertanian dan peternakan. Game Farmville dirilis pada tanggal 19 Juni 2009. Saat perilisannya game ini mulai ramai dan menjadi populer.

Di game ini kita dapat mengelola lahan pertanian kita. Kita dapat menanam berbagai jenis tanaman yang tersedia. Kita juga dapat mengelola peternakan, ada berbagai hewan ternak yang tersedia untuk dikelola dalam lahan kita. Tentunya kita juga dapat mendekorasi lahan pertanian kita agar menjadi lebih cantik dan indah.

Beberapa tahun kemudian seri baru dari Farmville dirilis yaitu "Farmville 2". Gameplay dari Farmville 2 ini lebih berbeda dengan seri Farmville yang pertama. 

Fun Fact : Judul game dari "Farmville" biasanya digunakan dalam game MOBA untuk menggambarkan pemain yang hanya melakukan "farming" yang tentunya berhubungan dengan Farmville. Contoh ("this player only playing farmville").

3. Pet Society
Source : nedka deviantart

Pet Society adalah game multiplayer interaksi yang dikembangkan oleh Playfish. Di game ini kita mendesain hewan peliharaan yang nantinya menjadi karakter yang dimainkan. Game ini dirilis pada tanggal 8 Agustus 2008. Saat perilisannya game ini menjadi populer bahkan termasuk dalam salah satu game yang paling populer di zamannya dulu.

Di game ini kamu dapat mendesain hewan peliharaan yang menjadi karakter kita di game. Kita juga dapat mendekorasi ruangan dan dapat berinteraksi dengan player lainnya. Selain mengurus hewan peliharaan kita dapat berinteraksi dengan karakter lain dan juga mendekorasi ruangan. Game Pet Society ini sangat ramai di kalangan perempuan dari berbagai usia.

Sayangnya pada tahun 2013 game Pet Society ditutup setelah keluarnya pengumuman dari fanpage Facebook resmi dari Pet Society. 

4. Guitar Flash
Sumber : basa-basidoang

Yakin deh kalian pasti pernah mainin game yang satu ini. Guitar Flash adalah game rhythm yang dikembangkan oleh Games X. Game ini hampir sama dengan Guitar Hero, yang membedakannya adalah game Guitar Flash ini lebih sederhana mulai dari tampilan hingga fitur yang ada di dalam game.

Di game ini kamu dapat bermain game rhythm ala Guitar Hero dan banyak lagu yang tersedia untuk dimainkan. Tiap lagu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Biasanya game ini menjadi ajang pamer skor untuk membuktikan siapa yang lebih jago mainnya. 

Guitar Flash juga tersedia dan dapat dimainkan di android. Kalian dapat mencari di Playstore dengan kata kunci "Guitar Flash".

5. Ninja Saga 

Kalau kalian pernah memainkan game yang ada di Facebook. Pasti kalian sudah tahu dengan game yang satu ini, bahkan biasanya sampai ke warnet cuma habisin billing buat main game ini. Yap, game itu adalah Ninja Saga.

Ninja Saga adalah game aksi petualangan yang dikembangkan oleh Emagist Entertainment Limited. Di game ini kita membuat karakter ninja di mana kita harus menyelesaikan berbagai misi dan menaikkan level karakter ninja kita.

Di game ini memiliki alur cerita masing-masing dan misi yang bervariasi. Kita membuat karakter ninja dan dapat memilih elemen yang nantinya akan membentuk jurus-jurus yang terbentuk dari elemen yang kita pilih sebelumnya. Ninja Saga juga memiliki berbagai skill dan talent yang bervariasi untuk memperkuat karakter kita. Gameplaynya tentu sangat menarik karena kita dapat merasakan jalan ninja layaknya satu serial ninja animasi Jepang yang populer itu. 

Sampai saat ini masih banyak orang yang memainkan Ninja Saga, tentunya membuat game ini menjadi salah satu game yang paling populer dan banyak dimainkan di Facebook.



Nah itu dia 5 game Facebook yang dulunya populer versi 10GAMEID. Sebenarnya masih ada beberapa game Facebook yang dulunya populer seperti Empires & Allies, Mafia Wars, Texas HoldEm Poker dan lainnya. Namun tidak sempat dibahas semuanya.

Diantara 5 game yang telah dibahas ini kalian sudah pernah main game yang mana saja? Apakah sampai menghabiskan hari untuk memainkan game-game tersebut? Sebutkan pengalaman kalian di kolom komentar ya.








Tidak ada komentar