My Instagram

Perubahan Roster Na'Vi DOTA 2 : Selamat Tinggal Dendi

Source : Liquipedia

 Kalian yang selalu mengikuti dunia kompetitif game (esports) pasti sudah tidak asing dengan tim esports yang satu ini. Tim yang saat ini sedang unggul, terkenal di dunia kompetitif PUBG, CS:GO, DoTA dan juga DOTA 2. Yup, tim yang dimaksud adalah Natus Vincere yang biasa disingkat Na'Vi.

 Tim ini terkenal di dunia esports karena telah menjuarai berbagai kompetisi esports, mulai dari divisi PUBG, CS:GO, DoTA dan DOTA 2. Na'Vi dibentuk pada tanggal 18 Desember 2009 dengan awalan dari divisi CS 1.6, kemudian disusul dengan game lainnya yaitu DoTA, DOTA 2, CS:GO, PUBG, Paladins dan FIFA 18.

 Na'Vi telah menjuarai berbagai kompetisi esports di berbagai game, terutama CS 1.6, DoTA, DOTA 2 dan CS:GO. Salah satu kejuaraan DOTA 2 yang pertama dimenangkan oleh Na'Vi yaitu kompetisi DOTA 2 terbesar di dunia yang diadakan oleh Valve yaitu "The International 2011" (selanjutnya disingkat TI 1)
Sumber : DOTA 2

 Turnamen TI1 adalah turnamen internasional DOTA 2 pertama yang diadakan oleh Valve. Saat pertama kali diadakan ketika DOTA 2 masih dalam versi pengembangan Valve mengundang 16 tim DoTA yang saat itu sedang naik daun untuk mengikuti kompetisi DOTA 2 TI1. Salah satu tim yang diundang adalah Na'Vi.

 TI yang pertama kali diadakan ini dimenangkan oleh tim Na'Vi, tentu hal ini menjadi sesuatu yang ramai. Karena saat itu esports sedang berkembang dan Valve baru pertama kali mengadakan turnamen DOTA 2 internasional dan yang memenangkan turnamen ini adalah Na'Vi. Dengan permainan yang unik Na'Vi berhasil menjuarai TI yang pertama. 

 Kalian yang mengikuti esports DOTA 2 sudah pasti tahu pemain Na'Vi yang memenangkan TI1 yaitu ArtStyle, Puppey, XBOCT, LighTofHeaveN dan tentunya pemain yang menjadi ikon dari DOTA 2 dan brand dari Na'Vi DOTA 2 itu sendiri yaitu Dendi.

 Player DOTA 2 yang mengikuti esports DOTA 2, baik yang sudah lama atau masih baru pasti setidaknya pernah mendengar nama Dendi. Yup, tentu saja karena Dendi adalah salah satu pemain yang sudah lama bermain DoTA kemudian lanjut bermain DOTA 2 dan memenangkan turnamen internasional yang pertama. Dendi telah bermain di kompetitif DOTA 2 sejak 2011 bersama Na'Vi dan tidak pernah berpindah tim.


sumber : navi.gg

 Sejak tahun 2011 hingga kemarin lalu Dendi tetap bermain di tim Na'Vi. Ketika banyak pemain yang dikeluarkan dari tim, berpindah ke tim lain, atau bahkan membentuk tim baru, Dendi tetap tinggal di timnya yaitu Na'Vi. Namun beberapa waktu yang lalu kita mendengar kabar setelah Na'Vi gagal mendapatkan slot di TI8 bahwa roster Na'Vi akan inaktif dan akan memberikan kabar lanjut setelah TI8.

 Setelah TI8 selesai Na'Vi pun memberikan konfirmasi akan kelanjutan nasib dari roster DOTA 2. Dikatakan dalam sebuah video yang diunggah di youtube dan diposting di website Na'Vi bahwa ada perubahan roster untuk DOTA 2, dan hal yang paling menyedihkan bahwa Dendi telah keluar dari Na'Vi.

 Mulai dari DoTA, berlanjut ke DOTA 2 Dendi terus bermain di tim Na'Vi tanpa ada keinginan untuk pindah, sejak tahun 2011 hingga beberapa waktu yang lalu Dendi masih mengikuti berbagai kompetisi DOTA 2 bersama Na'Vi dan menjuarai berbagai kompetisi. Sayangnya, dari tahun ke tahun performa Na'Vi semakin menurun. Pergantian roster pun sering dilakukan, dan Dendi tetap berada di tim Na'Vi.

 Karena performa Na'Vi yang terus menurun bahkan beberapa kali tidak mendapatkan slot untuk bermain di TI maka pihak Na'Vi memutuskan untuk melakukan perubahan roster lagi. 

 Perubahan roster yang dilakukan yaitu Dendi yang akan digantikan oleh pemain muda yang memiliki MMR tinggi dan belum lama mengikuti kompetitif DOTA 2 yaitu Magical, Velheor yang belum lama ini masuk ke roster Na'Vi juga keluar. GeneRaL juga keluar dari roster dan akan digantikan oleh Blizzy yang sebelumnya bermain di roster Vega Squadron. Lil juga keluar dari roster dan akan digantikan oleh SoNNeikO yang sebelumnya pernah bermain di roster Na'Vi. XBOCT tidak akan menjadi Coach lagi di roster. Hanya Crystallize akan tetap bermain sebagai carry di dalam roster. Sedangkan untuk pos 4 support pengganti Velheor saat ini belum ada.


  Sumber : navi.gg

 Tentu perubahan roster besar-besaran oleh Na'Vi ini sangat mengejutkan. Lil yang belum lama ini dipindahkan kemudian keluar, Velheor yang belum lama masuk kemudian keluar, XBOCT yang sudah lama bersama Na'Vi baik sebagai player maupun coach telah keluar dan terutama Dendi yang sudah setia bersama Na'Vi ini telah keluar.

 Berikut roster DOTA 2 Na'Vi saat ini (secara berurutan dari posisi) :
  • Crystallize
  • Magical
  • Blizzy
  • - (belum ada)
  • SoNNeikO
 Menurut kalian bagaimana dengan perubahan roster besar-besaran oleh Na'Vi ini? Terutama dikeluarkannya Dendi dari Na'Vi? Akankah roster ini akan menaikkan performa dan mengembalikan kejayaan Na'Vi DOTA 2 lagi? Sebutkan pendapat kamu di komentar ya.





Tidak ada komentar