My Instagram

IHSL DOTA 2 Hari Pertama Kualifikasi : Menarik atau Membosankan?

Sumber : IHSL


 IHSL atau Indonesia High School League adalah liga Esports yang mempertandingkan seluruh SMA/SMK sederajat di Indonesia dengan total hadiah 1,2 Miliar Rupiah. Liga Esports IHSL ini diharapkan dapat mengenalkan Esports kepada sekolah sebagai hal yang positif dan juga mencari bibit atau calon pro player di tingkat SMA/SMK sederajat. Ada 2 cabang game yang dipertandingkan yaitu DOTA 2 dan Mobile Legends : Bang Bang.

 Dari situs resmi IHSL tercatat total ada 339 Sekolah tingkat SMA/SMK sederajat yang terdaftar dalam IHSL. Dapat dilihat bahwa banyak sekolah yang mulai mendukung dan memandang Esports sebagai hal yang positif. Tentu ini merupakan kabar gembira yang berarti Esports di Indonesia semakin berkembang dengan salah satu buktinya yaitu sekolah di Indonesia juga mulai mendukung kegiatan Esports.

 Pada hari Minggu, 21 Oktober 2018 lalu kualifikasi IHSL cabang game DOTA 2 sudah dimulai untuk mencari 20 sekolah terbaik yang akan melanjutkan pertandingan dengan sistem liga. Ada 36 sekolah yang bertanding dengan total 18 match. Kualifikasi dijalankan dengan sistem Best of 1.

Match IHSL DOTA 2. Sumber : Fanpage 10GAMEID

Dari match kemarin tercatat ada 17 match. Sayangnya pertandingan SMAN 2 Kediri vs SMAN 11 Jakarta berakhir dengan SMAN 11 Jakarta WO. Match tercepat dengan durasi 19:51 menit SMKN 3 vs SMA Swasta Budi Muni 1 dan match terlama dengan durasi 1:06:37 jam SMA Negeri 1 Sumenep vs  SMK Pasundan Rancaekek. Rata-rata durasi match sekitar 20-30 menit.

Saat beberapa match yang ditayangkan secara langsung kemarin banyak yang beranggapan bahwa pertandingan tersebut menarik, banyak juga yang mengatakan bahwa pertandingan tersebut sangat membosankan bahkan terasa seperti pub match ketimbang kompetitif. 

Dari match kemarin juga terlihat banyak tim sekolah yang melakukan kesalahan besar terutama bagian drafting, banyak pick yang terlihat tidak beraturan dan terlihat asal pick. Hal ini wajar saja karena ini adalah pertandingan antar SMA/SMK sederajat dan mungkin saja belum terbiasa bermain Captain Mode.

Untuk melihat sendiri hasil rekaman match kemarin dapat membuka tautan berikut : https://www.dotabuff.com/esports/leagues/5575-yamisok-official-tournaments

Jadi menurut kamu bagaimana dengan match IHSL DOTA 2 pada hari pertama ini? Kalau menurut penulis sendiri sih menarik karena ini merupakan pertandingan antar SMA/SMK sederajat dimana mereka dapat berkompetisi sesuai dengan tingkatannya, juga mereka mendapatkan pengalaman bertanding secara kompetitif dan siap untuk melangkah lagi ke jenjang yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar