Beberapa Hal "Unik" Tentang Match BOOM ID vs Team Team di Bucharest Minor 2019

Hasil match BOOM ID vs Team Team di turnamen The Bucharest Minor 2019. Source : PGL DOTA 2

The Bucharest Minor adalah turnamen DOTA 2 yang diselenggarakan oleh PGL di Bucharest, Romania pada tanggal 9-13 Januari 2019. The Bucharest Minor termasuk dalam rangkaian turnamen Dota Pro Circuit (DPC) 2018-2019 yang berkelas "Minor". Saat artikel ini ditulis, turnamen ini masih berlangsung. Namun ada kejadian menarik saat pertandingan Main Event di The Bucharest Minor 2019 ini, yaitu saat pertandingan BOOM ID vs Team Team di Lower Bracket.

Kejadian menarik ini adalah saat BOOM ID melawan Team Team di Game 1, yaitu ketika mendekati akhir match dari game 1. Saat itu 3 hero dari BOOM ID (Radiant) sedang mati dan 5 hero dari Team Team (Dire) melakukan push ke ancient Radiant, dan saat itu juga kumpulan creep dari Radiant sedang melakukan push ke ancient Dire dan terjadi base race. Creep dari Radiant sudah melakukan push ancient lebih dulu daripada hero dari Team Team., dan saat itu pula BOOM ID melakukan call "gg" yang dimana beberapa saat kemudian sekian detik sebelum pengumuman game selesai ternyata ancient dari Dire hampir saja hancur lebih dulu daripada ancient Radiant.


Ya, di game 1 itu ternyata BOOM ID bisa saja menang karena ancient Dire lebih duluan hancur dipush oleh Creep daripada ancient Radiant. Sayangnya BOOM ID melakukan call "gg" lebih cepat. Lanjut game 2 BOOM ID berhasil melakukan serangan balasan dan memenangkan game 2, tetapi saat game 3 Team Team kembali menyerang dan memenangkan game 3 yang hasilnya Team Team melaju ke round berikutnya dan BOOM ID harus gugur di turnamen The Bucharest Minor 2019.

Kejadian di game 1 BOOM ID vs Team Team menjadi sangat viral dan akan tercatat sebagai salah satu kejadian paling berpengaruh dalam sejarah scene kompetitif DOTA 2. Berbagai komentar pun dilayangkan oleh komunitas, mulai dari spekulasi kemenangan, dukungan, hingga hujatan.

Ada beberapa hal "unik" tentang match BOOM ID vs Team Team. Apa sajakah itu? Ini dia bahasannya :

1. Menjadi bahan perbincangan oleh seluruh komunitas DOTA 2 di seluruh dunia


Jika ada kejadian unik di DOTA 2 tentunya akan menjadi viral, terutama jika hal tersebut terjadi di scene kompetitif. Hanya butuh beberapa jam setelah game 1 dari BOOM ID vs Team Team, komentar dari berbagai orang di komunitas DOTA 2 mulai dilayangkan. Mulai dari Talent yang terkenal hingga netizen dari Indonesia yang tentunya lebih ramai. Banyak yang terheran dan terkejut dengan kejadian ini, terutama karena ini merupakan kejadian yang langka.

Berbagai komentar dilayangkan oleh komunitas, ada yang terkejut, heran, ada juga yang menghujat dan sebagainya. Tak bisa dibayangkan hal ini akan terjadi, terutama di scene kompetitif. Wajar saja banyak yang membahas tentang kejadian ini. Berikut juga beberapa komentar dari Talent.





Di platform Reddit juga ramai membahas tentang kejadian di game 1 BOOM ID vs Team Team. Berbagai ekspresi yang diungkapkan oleh user, ada juga yang membagikan video klip dari match tersebut dan juga berbagai spekulasi yang ada. Tentunya karena ini merupakan kejadian yang sangat menarik dan jarang terjadi.

2. Kejadian yang serupa di turnamen StarCraft II

StarCraft II. Sumber : https://starcraft2.com/

Ternyata sebelum kejadian call "gg" di match game 1 BOOM ID vs Team Team ada kejadian yang serupa di kompetisi game StarCraft II pada tahun 2011. Hal ini terjadi di turnamen MLG Dallas 2011. 2011 MLG Pro Circuit Dallas merupakan turnamen dari seri MLG atau Major League Gaming yang diadakan di Dallas, US. Di turnamen MLG Dallas 2011 ini ada beberapa cabang game yang dipertandingan yaitu StarCraft II, Halo:Reach, Super Smash Brother Brawl dan lainnya.

Kejadian unik yang serupa ini terjadi saat pertandingan player bernama IdrA melawan HuK. Saat game pertama IdrA berhasil meraih kemenangan. Lanjut game kedua dimulai dan beberapa lama kemudian IdrA tiba-tiba Surrender saat melihat banyak pasukan Void Rays dari HuK yang menyerang dan ternyata pasukan tersebut hanya hasil dari Hallucination. Dimana hal ini berarti IdrA tidak kalah dan bisa saja menang namun sepertinya IdrA tidak menyadari bahwa pasukan tersebut hanya hasil dari Hallucination dan melakukan Surrender lebih cepat.


Dengan ini HuK memenangkan game kedua, lanjut game ketiga HuK berhasil meraih kemenangan dan berakhir dengan skor IdrA melawan HuK 1-2 di Group Stage. Tak lama kemudian kejadian tersebut menjadi viral dan ramai dibahas oleh komunitas StarCraft II. Banyak orang yang membahas bagaimana IdrA langsung melakukan surrender begitu saja tanpa melihat kondisi dan menunggu jika saja pasukan Void Rays yang dikerahkan hanya Hallucination. Padahal jika menunggu IdrA bisa saja memenangkan game kedua yang berarti menang telak, sayangnya hal ini menyebabkannya kalah melawan HuK dengan skor 1-2. Tentu ini kejadian yang serupa dengan game 1 BOOM ID melawan Team Team di DOTA 2.

3. Ternyata ada juga kejadian yang mirip terjadi sebelumnya di DOTA 2

The Shanghai Major 2016. Sumber : http://blog.dota2.com/

Bukan hanya di StarCraft II. Ternyata sudah ada kejadian mirip yang terjadi sebelumnya. Hal ini terjadi saat kompetisi The Shanghai Major 2016. Turnamen DOTA 2 ini diselenggarakan oleh Perfect World yang disponsori langsung oleh Valve dan termasuk kelas "Major". Ada total 16 tim yang bertanding di ajang turnamen Major DOTA 2 di Tiongkok ini.

Kejadian unik yang mirip dengan match BOOM ID vs Team Team ini terjadi saat OG melawan Team Secret di Upper Bracket. Di game 1 OG berhasil meraih kemenangan, lanjut ke game kedua Team Secret membalas dan meraih kemenangan. Saat game ketiga inilah hal unik terjadi.

Di penghujung akhir game ketiga, 4 hero dari OG (Radiant) sedang mati sedangkan 5 hero dari Team Secret (Dire) melakukan pushing tower ketiga. Dari situasi ini OG sudah jelas kalah, apalagi kondisi tower dan posisi dari Team Secret masih lebih unggul dibanding OG. Saat melakukan pushing mid Team Secret tak sengaja melakukan type all "gg" lebih duluan sebelum OG. Hal ini menyebabkan malah OG yang terlihat memenangkan game tersebut. Karena ketidaksengajaan ini dan memang Team Secret yang memenangkan game ketiga hal ini langsung diperbaiki. Team Secret menang melawan OG dengan skor 1-2.



Sebenarnya masih ada beberapa lagi, seperti spekulasi kemenangan BOOM ID di game 1, meme yang bertebaran dan lainnya. Namun penulis rasa artikel ini sudah cukup panjang. 

Itu dia beberapa hal "unik" tentang match BOOM ID vs Team Team di Bucharest Minor 2019. Sepertinya kejadian ini akan menjadi sejarah baru di DOTA 2. Walaupun BOOM ID kalah di The Bucharest Minor 2019, setidaknya mereka mendapatkan pengalaman yang lebih banyak dan semoga bisa berkembang dan menjadi lebih baik di turnamen berikutnya.

Menurut kalian bagaimana dengan hal "unik" ini? Sertakan pendapat kalian di kolom komentar ya.

Tidak ada komentar