7 Hal Menarik Pada Challengers & Legends Stage IEM Katowice Major 2019


Setelah melewati New Challengers Stage dan New Legends Stage yang penuh ketegangan, IEM Katowice Major 2019 akhirnya sampai di tahap New Champions Stage. Dimana 8 tim teratas dalam Major tersebut akan memperebutkan title "Major Champion" beserta prize utama sebesar $500.000 di Spodek Arena, Katowice. New Champions Stage itu sendiri dijadwalkan mulai pada tanggal 28 Februari 2018 dan akan disaksikan oleh kurang lebih 12.000 orang secara langsung dan kurang lebih 100.000 orang menonton secara livestream.

Tapi sebelum kita memasuki stage tersebut, ada beberapa hal yang cukup menjadi perhatian penulis dan tentunya komunitas CS:GO pada IEM Katowice 2019 sejauh ini, yaitu

Scoreboard New Challengers & New Legends Stage - sumber : HLTV


1. Astralis dan Team Liquid Tampil Percaya Diri pada New Legends Stage

Stewie2k cs. terlihat percaya diri pada major

Tim ranking 1 dan 2, yaitu Astralis dan Team Liquid terlihat percaya diri mengklaim title Legends sekali lagi setelah merajai New Legends Stage dengan skor 3-0. Bagi Astralis, ini adalah kesempatan untuk mendapatkan back-to-back major setelah kemenangan mereka pada Faceit Major 2018 lalu.

Bagi Liquid, ini adalah kesempatan besar untuk mengklaim title Major Champion mereka untuk pertama kalinya. Ini adalah kesempatan besar bagi Liquid karena sejauh ini mereka sudah membuktikan ranking mereka setelah mengalahkan Natus Vincere, ranking 3, dengan kemenangan 2 map tanpa balasan. Pertanyaan besar sekarang adalah, siapakah yang akan mengklaim title Major Champion pertama pada tahun ini? apakah itu akan menjadi Astralis? Team Liquid? atau tim lainnya?

2. Tim Muda Terlihat Sebagai Ancaman

Vitality memulai sejarah mereka dengan baik

2 Tim yang belum lama dibentuk yaitu Avangar dan Vitality terlihat sebagai ancaman bagi tim-tim lain pada major ini. Pasalnya, mereka berhasil mengalahkan beberapa tim krusial di New Challengers Stage dan melaju ke New Legends Stage dengan skor memuaskan yakni 3-1.

Tak hanya itu, pada New Legends Stage, Vitality bersama Mathieu “ZywOo” Herbaut dan Avangar yang dipimpin oleh Ali "Jame" Djami berhasil membuktikan kemampuan mereka pada New Legends Stage dan juga mengamankan tiket ke major berikutnya. Sayangnya, mereka harus tumbang masing-masing kepada NiP dan ENCE pada ronde 5, memberikan mereka skor akhir 2-3 sekaligus tereliminasi dari IEM Katowice 2019.

3. Dampak Perubahan Roster

Guardian cs. berhasil ke New Champions Stage

Perubahan roster tentunya akan memberikan dampak yang cukup besar pada tim. Ada beberapa tim pada major ini yang sudah meracik rosternya sejak major sebelumnya contohnya BIG, Cloud9, CompLexity, FaZe, G2, Liquid, MiBR dan Tyloo. Karena perubahan roster tersebut, mereka pun menjadi sorotan dan kemampuan mereka dipertanyakan pada major ini.

Sayangnya bagi beberapa tim tersebut, pertanyaan itu tak terjawab dengan mudah. BIG harus tumbang tanpa mengklaim satu kemenangan pun pada New Legends Stage. CompLexity harus menyerah setelah mencuri satu kemenangan, sedangkan Cloud9 dan G2 terlihat kesulitan dalam perjalanan mereka yang berakhir dengan skor 2-3 pada New Legends Stage. Cerita lain bagi FaZe, meskipun kesulitan mereka berhasil mengklaim legend status dan melaju ke New Champions Stage dengan skor 3-2.

4. Ninjas in Pyjamas Mengklaim Status Legend

GeT_RiGhT cs. mengklaim status legend major

Tim legenda asal Swedia, Ninjas in Pyjamas berhasil melaju ke New Champions Stage. Meskipun kesulitan, bagi tim CS:GO tertua ini, tiket mereka ke New Champions Stage sangatlah spesial. Pasalnya, mereka mendapatkan status major legend mereka setelah sekitar 2 tahun tak membuat catatan yang baik pada major. Adapun, status tersebut mereka dapatkan setelah roller-coaster; dimana mereka melaju ke New Legends Stage dengan skor 3-2 dan mengklaim status legend dengan skor yang sama, 3-2.

5. Tim Asia Minor.

Tyloo terlihat kesulitan pada 3 match akhir mereka

Tim dari Asia dan Australia tentunya menjadi pusat perhatian bagi penulis. 2 Tim dari Asia yaitu Tyloo dan Vici Gaming bersama 2 Tim dari Australia yaitu Grayhound dan Renegades masing-masing mendapatkan tiket mereka untuk Major.

Sayangnya, 3 tim tersebut harus tumbang di tangan tim Eropa pada New Challengers Stage. Dimana, Grayhound harus tumbang tanpa membawa kemenangan satu map pun, Tyloo dan Vici tumbang dengan skor 2-3 meskipun berhasil memulai major dengan percaya diri, terutama bagi Tyloo yang awalnya berhasil membawa skor 2-0. Lalu akhirnya, setelah beberapa tahun diam di tempat, Renegades berhasil mencatat sejarah sebagai tim Australia pertama yang menjadi Legends pada Major yang akan dijelaskan di nomor berikutnya.

6. Renegades '6-1' ke New Legends Stage

Renegades mencatat sejarah

Sejauh ini permainan Rengades pada Major ini cukup memukau. Pasalnya, mereka berhasil mencatat 6 kemenangan dan hanya 1 kali kalah untuk melaju ke New Legends Stage sekaligus mengklaim title Legend pada major berikutnya. Hal itu bukan hanya berdasar dari individuals mereka, melainkan koordinasi tim mereka yang sangat meningkat dari terdahulu.

6 kemenangan tersebut masing-masing didapatkan dari Avangar, Ninjas in Pyjamas, Ence (2x), Faze dan Vitality sedangkan kekalahan mereka hanya dari tim favorit, Astralis. Meskipun demikian, pada match tersebut awalnya mereka berhasil melakukan comeback dan melampaui Astralis pada map pertama kemudian match ditutup oleh Astralis setelah memenangkan dua map berturut-turut. Pertanyaan besar saat bagi Renegades adalah, seberapa besar perlawanan mereka pada New Champions Stage?

7. 16-0 Kedua Pada Sejarah Major

Device cs. terlihat mengerikan di depan Cloud9

Setelah pada major lalu kita menyaksikan 16-0 dilakukan oleh Astralis kepada MiBR, untuk kedua kalinya, Astralis mengorbankan Cloud9 untuk mencatat sejarah lain pada match yang mempertemukan keduanya. Pada match tersebut Kioshima cs. terlihat tak berkutik sama sekali, mereka kesulitan menciptakan momentum untuk mendapatkan satu skor pun. Bahkan beberapa momentum yang mereka ciptakan juga ditolak oleh permainan individual atau tim Astralis. Alhasil, 16-0 bagi Astralis menjadi hasil akhir dari match yang terjadi di map Train tersebut.

Begitulah 7 hal yang menarik pada New Challengers Stage dan New Legends Stage IEM Katowice Major 2019. Apakah yang menarik perhatianmu pada major sejauh ini? Siapakah tim favoritmu? Silahkan jawab dikomen ya~

Tidak ada komentar