Hasil Akhir IEM Katowice Major 2019, Astralis Sebagai Pemenang


Astralis mengangkat trofi major ke-3 mereka di Spodek Arena

Astralis memenangkan IEM Katowice Major 2019 setelah mengalahkan ENCE pada Grand Final. Ini adalah Major ke-14 CS:GO, merupakan title ke-3 Astralis, dan back-to-back major setelah mereka memenangkan major sebelumnya yaitu FACEIT Major London 2018. Perjalanan mereka di Major ini sangatlah dominan.

Sama seperti di London sebelumnya, mereka tidak terkalahkan di semua map yang mereka mainkan pada babak Playoffs, yang berarti mereka berhasil mengalahkan setiap tim yang mereka temui di New Champions Stage dengan skor 2-0. MVP dari major ini adalah Magisk yang meraih rating 1.28 sepanjang major.

ENCE mengejutkan Team Liquid dan Na'Vi

ENCE sebagai penantang tim terbaik dunia sebelumnya tampak kesulitan pada New Legends Stage. Mereka awalnya turun dengan skor 0-2, tetapi berhasil mendapatkan win streak lalu melaju ke New Legends Stage dengan skor 3-2. Kemudian, ENCE yang sangat diremehkan dengan hasil tersebut justru membuat upset terhadap tim ranking 2, Team Liquid dan tim ranking 3, Natus Vincere berturut-turut pada New Champions Stage.

Memasuki babak Grand Final, hal ini membuat orang menduga-duga ENCE mampu mencuri title Major dari Astralis, tetapi berkat permainan terbaik dari tim terbaik dunia tersebut, ENCE harus disegel oleh Astralis dengan skor 2-0.

Pada cerita yang sama, Team Liquid yang baru saja menambahkan Stewie2K ke daftar roster mereka tumbang kepada ENCE pada babak perempat-final dengan skor 2-0. FaZe Clan yang dapat dikatakan sebagai rival Natus Vincere dalam permainan individual, juga harus tumbang kepada rivalnya tersebut dengan skor 2-0.

Renegades yang digadang-gadang dapat menyelinap ke semi-final juga digagalkan oleh Made in Brazil pada babak perempat-final dengan skor 2-0. Akhirnya, Ninjas in Pyjamas yang tampil sangat baik pada Major ini juga bernasib buruk karena harus menghadapi dan tumbang kepada Astralis dengan skor 2-0. Masing-masing mengakhiri cerita Team Liquid, FaZe Clan, Renegades dan Ninjas in Pyjamas pada IEM Katowice Major 2019.

s1mple gagal mengantar Na'Vi ke Grand-Final 

Pada babak semi-final, Natus Vincere pun juga harus tumbang kepada ENCE dengan skor 2-1. Meskipun demikian, pemain terbaik tahun 2018 lalu, s1mple, memimpin server dengan rating tertinggi yaitu 1.47 di atas Aerial yang memimpin ENCE dengan rating 1.24.

Sedangkan Made in Brazil yang dikatakan sangat berpotensi untuk meng-upset Astralis juga harus tumbang dari tim terbaik dunia tersebut dengan skor 2-0. Masing-masing mengakhiri cerita Natus Vincere dan Made in Brazil pada IEM Katowice Major 2019.

Kedepannya, ini merupakan awal yang bagus bagi beberapa tim tersebut. Team Liquid dan MiBR yang baru saja melengkapi tim mereka dengan pemain-pemain yang berbahasa sama tampil sangat baik di major pertama mereka, tak terkecuali bagi ENCE yang juga melengkapi roster mereka dengan pemain serba Finnish.

Hal ini menandakan tentang major berikutnya yang bisa saja menjadi major yang terkompetitif sepanjang sejarah, hal tersebut tentunya dipertanyakan kepada semua tim tersebut. Apakah mereka dapat mencapai level dimana Astralis duduk manis sekarang? Apakah mereka mampu menyaingi Astralis? Apakah salah satu dari mereka mampu mecuri title major dari Astralis?

Liquid masih mendapatkan ekspetasi tinggi kedepannya

Kita tunggu saja di major berikutnya, major CS:GO ke-15, StarLadder Major Berlin 2019.

Tidak ada komentar