DPC Report: Dominasi Tiongkok di Tanah Soviet

Sumber: @borodasltv
Gelaran minor kembali dijuarai tim asal Tiongkok. Kalau di Bucharest lalu EHOME membawa pulang tiket Chongqing Major, kali ini Vici Gaming meraih tiket dari StarLadder ImbaTV Minor di Kiev menuju DreamLeague Major di Stockholm tanggal 14 Maret ini.

Menjuarai grup B, VG hanya mengalami satu kekalahan dari Gambit, salah satu tim 'tuan rumah'. Pada laga playoff, VG melenggang menuju final tanpa kekalahan, bahkan menyapu bersih grand final yang mempertemukan mereka kembali dengan Gambit. Gambit sendiri hanya mengalami 2 kekalahan dari VG saat fase grup. Selain seri tersebut, mereka berhasil menyapu bersih 2 game dari Boom.id, Demolition Boys, dan Flying Penguins.

Sumber: Dotabuff
Kejutan muncul dari Old but Gold. Tim berisikan pemain-pemain senior dari skena CIS (Commonwealth of Independent State) ini berhasil mengganjal perjalanan juara TI8, OG. Illidan Stormrage / Ilya Pivcaev menunjukkan bahwa karirnya di Dota 2 belum sepenuhnya redup. Bersama mantan punggawa Natus Vincere, Team Empire, dan Virtus.Pro lainnya, Illidan berhasil mengalahkan OG dua kali. Sayangnya, mereka mesti bertemu VG di semi-final playoff.

Sumber: Dotabuff
Serunya laga-laga di fase grup harus ditutup dengan antiklimaks dari Gambit. Kalah dua game berturut-turut, hampir tanpa perlawanan sama sekali, penulis hampir melompat dari tempat duduk ketika Daxak / Nikita Kuzmin berhasil memancing dan menjebak 4 pemain VG dengan beruang Lone Druidnya. Disambut Echo Slam yang dan Fissure yang cantik dari Earthshaker milik Immersion / Alexander Hmelevskoy, Gambit menunjukkan bahwa mereka belum kehabisan bensin.

Sumber: Dotabuff
Sayangnya, persiapan tim besutan coach rOtk / Bai Fan benar-benar sempurna. Merasa dapat menjebak VG sekali lagi, Gambit menunggu dibelakang pepohonan yang ternyata telah dipasangi ward oleh VG sebelumnya. Gelar juara VG hanya dapat ditunda sebentar oleh Gambit. Permainan terus berlangsung berat sebelah.


Sumber: Liquipedia
Dengan hasil ini, VG akan melanjutkan perjalanan mereka di DreamLeague Major yang akan berlangsung dua hari lagi saat artikel ini ditulis. VG sendiri kini mengantongi 1020 DPC Point, berada di peringkat ketujuh klasemen sementara DPC musim 2018-2019.

Sumber: Liquipedia
Mungkin kamu mulai bertanya-tanya, "Kok nggak bahas Boom.id?". Berada satu grup dengan kedua finalis, VG dan Gambit, seharusnya tidak perlu lagi penulis ceritakan apa yang terjadi. Memang, performa mereka tidak buruk, dan Dreamocel / Muhammad Randy Sapoetra telah menaruh Good Game di chat wheel all allies, namun jam terbang yang dimiliki para pemain Boom masih sangat kurang. Debut DPC mereka di Bucharest Minor Januari silam masih sedikit lebih mudah dibandingkan Minor kali ini.

Sumber: Liquipedia
Sebenarnya penulis sendiri cukup terkejut dengan performa mereka selama kualifikasi berlangsung. Bermain meyakinkan di kualifikasi DreamLeague Major, Boom berhasil menggeser Lotac yang ditukangi Raven / Marc Polo Luis Fausto dan Ohaiyo / Khoo Chong Xin cs. Dreamocel cs harus puas dengan menjadi juara ketiga karena hanya dua slot yang tersedia untuk Asia Tenggara, yang diraih oleh Fnatic dan Mineski. Seakan ingin kembali menunjukkan bahwa posisi ketiga kualifikasi itu bukan keberuntungan semata, Boom dua kali menyapu bersih dua seri dari Lotac.

Sumber: Liquipedia
Mungkin ada satu tim lagi yang belum penulis bahas? Yak. Tigers yang sudah tak lagi dijoki inYourdreaM / Muhammad Rizky di posisi mid harus kandas di awal. Dipinjamnya Dendi / Danil Ishutin dari Na`Vi belum dapat memberikan perubahan positif bagi Tigers. Juara minor pertama ini harus tergeser jauh dari klasemen DPC.

Penulis akan kembali mengekor Na`Vi yang secara mengejutkan berhasil lolos untuk kualifikasi DreamLeague Major. Apakah dominasi Secret serta VP dapat dipatahkan tim-tim lainnya? Kegagalan PSG.LGD di gelaran-gelaran DPC sebelumnya sepertinya cukup menggoyahkan iman Somnus Maybe / Lu Yao yang kini non-aktif dari tim. EHOME yang dilatih xiao8 / Zhang Ning pun saat ini mengalami perubahan roster. Yang pasti dan diharapkan semua orang, perubahan-perubahan yang terjadi adalah positif dan membuat permainan lebih menarik. Mungkin kita harus menunggu Mars masuk Captains Mode agar permainan lebih menarik.

Tidak ada komentar